Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ikan Lele Bernafas dengan Ini

IKANMAGZ - Kita semua tahu kalau ikan bernafas dengan insang termasuk ikan lele. Memang benar mayoritas ikan bernafas dengan insang. Namun, banyak juga ikan yang memiliki kapasitas bernapas melalui kulit, apalagi saat mereka baru lahir tubuhnya sangat kecil sehingga tidak mempunyai organ khusus seperti insang. Seiring pertumbuhannya, insang atau paru-paru mengalami perkembangan karena difusi melalui kulit tidak cukup. Biar bagaimanapun, kulit kemungkinan bertanggung jawab atas 20% atau lebih pertukaran gas pada beberapa individu dewasa. Yang lainnya bisa melakukannya melalui mulut, faring, kerongkongan, usus atau rektum.
ikan lele
Black bullhead

Selain itu ada juga ikan yang mempunyai organ labirin di dalam tubuhnya dan ikan-ikan ini disebut sebagai ikan labirin. Organ labirin membuat ikan dapat mengambil oksigen langsung dari udara di atas permukaan air.  Dengan adanya labirin, ikan bisa hidup dan bertahan di perairan yang miskin oksigen terlarut, asalkan di permukaan airnya ada udara bebas. Hal ini dikarenakan pada habitat alamnya suatu saat bisa terjadi kondisi di mana kandungan oksigen dalam air berkurang atau sedikit. Sehingga ikan-ikan yang memiliki labirin ini bisa dengan mudah beradaptasi dengan berbagi kondisi air dan lingkungan serta memiliki daya tahan yang baik.
ikan lele

Itulah sedikit gambaran mengenai pernafasan pada ikan. Lalu bagaimana dengan pernafasan pada ikan lele? Ikan lele bernafas dengan apa?
Mungkin kamu sudah tahu kalau ikan lele bernafas dengan insang. Namun ikan lele juga punya alat pernafasan tambahan yang disebut labirin. Jadi ikan lele termasuk ikan labirin (Anabantoidei), yakni  ikan yang mempunyai organ labirin dalam tubuhnya sehingga membuatnya bisa mengambil oksigen secara langsung dari udara di atas permukaan air. Selain ikan lele, ikan-ikan yang tergolong ikan labirin adalah ikan gurameh dan ikan gabus.
Selain itu, ada juga spesies ikan lele (catfish) yang bernafas melalui kulit di samping dengan insang. Sebagian besar spesies ikan lele memiliki kulit yang halus (tanpa sisik) dan ditutupi lendir. Beberapa spesies ikan lele bisa bernafas melalui kulitnya.

Menurut Michael N. Bruton (1996) sebagaimana dikutip  wikipedia mengatakan bahwa Ikan Lele (catfish) tidak mempunyai sisik; Tubuh ikan lele sering telanjang. Pada beberapa spesies ikan lele, kulit yang tertutup lendir digunakan untuk respirasi kulit, yaitu ikan lele bernafas melalui kulitnya.
Dari pemaparan tersebut di atas, dapat kita ambil kesimpulan bahwa selain dengan insang, ikan lele juga bernafas dengan kulit pada beberapa spesies. Artinya tidak semua ikan lele yang melakukan pernafasan dengan kulit, hanya beberapa jenis ikan lele saja yang melakukannya. Ikan yang juga bernafas dengan kulit selain ikan lele salah satunya adalah ikan glodok.


Sumber:

Posting Komentar untuk "Ikan Lele Bernafas dengan Ini"