Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ikan Lumba lumba: Mamalia Laut yang Menakjubkan

Jenis-jenis atau macam-macam ikan di dunia ini amat sangat banyak sekali sehingga kita mungkin tidak bisa mengenalnya satu persatu. Namun untuk ikan lumba lumba? Anda pasti mengenalnya bukan. Ikan lumba lumba memang binatang yang terkenal, meskipun mungkin Anda belum pernah melihat ikan lumba lumba secara langsung setidaknya mungkin Anda pernah melihatnya di televisi atau di buku. Mungkin dibalik ketenaran ikan lumba-lumba itu disebabkan karena lumba-lumba sering dijadikan tontonan di sirkus-sirkus. Tapi ternyata ada cerita pilu dibalik sirkus lumba-lumba, sebaiknya kamu membaca artikel ini: Kontroversi Sirkus Lumba-lumba.

Ikan Lumba lumba: Mamalia Laut yang Menakjubkan
via pixabay

Ikan lumba-lumba bukanlah ikan

Tunggu dulu, dari tadi saya ngomongin ikan lumba-lumba lagi, ikan lumba-lumba lagi. Pertanyannya, benarkah lumba-lumba itu ikan? Ada yang mengatakan kalau lumba-lumba bukanlah ikan, itu betul lumba-lumba memang bukan ikan tetapi mamalia. Di sini perlu dibedakan antara ikan dan mamalia. Ikan berkembangbiak dengan bertelur sedangkan mamalia melahirkan dengan melahirkan. Ya lumba-lumba berkembangbiak dengan melahirkan dan mempunyai kelenjar susu. Selain itu lumba-lumba tidak bernapas dengan menggunakan insang melainkan dengan menggunakan paru-paru. Agar tetap hidup, lumba lumba butuh naik ke permukaan air untuk bernapas. Lumba-lumba bernapas melalui lubang udara yang ada di atas kepalanya.

Ya dalam taksonomi hewan lumba-lumba memang bukan pisces melainkan mamalia. Tapi dalam bahasa Indonesia mungkin lumba-lumba disebut ikan karena bentuk tubuhnya yang mirip ikan dan hidup di air.
ikan lumba lumba
via pixabay

Ya pokoknya gitu, yang terpenting kita sekarang sudah bisa tahu kalau lumba-lumba bukanlah pisces melainkan mamalia.

Taksonomi lumba lumba

Berikut adalah taksonomi lumba-lumba berdasarkan informasi dari wikipedia.

Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Mammalia
Ordo: Cetacea
Subordo: Odontoceti
Famili: Delphinidae, Platanistoidea (lumba lumba sungai)
Genus lumba lumba di antaranya yaitu:
  • Delphinus, Tursiops, Lissodelphis, Sotalia, Sousa, dll (Delphinidae)
  • Inia, Lipotes, Platanista, Pontoporia (Platanistoidea)
Spesies lumba lumba di antaranya yaitu: Delphinus capensis (lumba-lumba moncong panjang), Delphinus delphis (lumba-lumba moncong pendek).

Banyak Teknologi Yang Terinspirasi dari Lumba-lumba

Ya lumba-lumba memang binatang yang unik dan tak jarang menginspirasi manusia. salah satu teknologi yang terinspirasi dari lumba-lumba yaitu baju renang yang mirip dengan kulit lumba-lumba. Selain itu ada juga radar kapal selam yang terinspirasi dari sonar lumba-lumba.
Lumba-lumba

Kunjungi:

Posting Komentar untuk "Ikan Lumba lumba: Mamalia Laut yang Menakjubkan"