Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ikan Lele

Pernahkah Anda mengkonsumsi pecel lele? Lezat sekali bukan? Ikan lele punya beberapa manfaat dan tentu saja salah satunya yaitu untuk dikonsumsi. Ikan Lele  juga bisa ditaruh di air yang tergenang agar memakan larva nyamuk sehingga bisa digunakan untuk mencegah demam berdarah secara alami.
Ikan Lele
via pixabay

Morfologi ikan lele

Bisakah Anda mengenali ikan ini? Saya yakin anda bisa dengan mudah mengenali ikan lele dengan melihat bentuknya. Ikan lele mempunyai kumis yang panjang seperti kucing, mungkin inilah mengapa dalam bahasa inggris lele disebut dengan nama catfish atau ikan kucing; selain itu ikan lele tidak mempunyai sisik, tubuhnya berlendir dan licin; bentuk kepalanya pipih ke bawah dan mulutnya lebar; pada sirip dadanya mempunyai patil, patil digunakan untuk senjata dan untuk berjalan di darat; ikan lele yang mengalami stres, warnanya akan berubah menjadi blontang-blonteng hitam dan putih; selain insang, ikan lele mempunyai alat pernapasan tambahan yang disebut dengan arboresence yang digunakan jika air di sekitarnya hanya mengandung sedikit oksigen.

Klasifikasi ikan lele

Regnum: Animalia
Phylum: Vertebrata
Superclassis: Pisces
Classis: Osteichtyes
Ordo: Ostariophysi
Subordo: Siluroidae
Familia: Claridae
Genus: Clarias
Spesies: C. batrachus; C. leismania; C. melanoderma; C. nieuhofi; C. loiacanthus; C. gariephinus

Jenis-jenis ikan lele di Indonesia

Di lndonesia terdapat enam jenis ikan lele yang bisa dibudidayakan, yaitu:
  1. Clarios gariepinus, yang dikenal secara umum di lndonesia dengan nama ikan lele Dumbo, King cat fish, yang berasal dari Afrika
  2. Clarios leismania, dikenal sebagai lele Kembang (Jawa Barat), dan Kalang putih (Padang).
  3. Clarios batrochus, dikenal sebagai ikan lele (Jawa), ikan kalang (Sumatera Barat), ikan maut (Sumatera Utara), dan ikan pintet (Kalimantan Selatan).
  4. Clorios melanoderma, vang dikenal sebagai ikan duri (Sumatera Selatan), ikan wais (Jawa Tengah), dan wiru (Jawa Barat).
  5. Clorias loioconthus, yang dikenal sebagai ikan keli (sumatera Barat), dan ikan penang (Kalimantan Timur).
  6. Clorios nieuhofi, yang dikenal sebagai ikan lindi (Jawa), ikan limbat (Sumatera Barat), dan ikan kaleh (Kalimantan Selatan).

Bagaimana membedakan lele jantan dan betina?

  • Lele jantan perutnya lebih ramping sedangkan betina lebih buncit dan lembek
  • Lele jantan alat kelaminnya meruncing ke belakang sedangkan betinanya berbentuk oval dan sedikit besar
  • Lele jantan warna dadanya lebih gelap daripada lele betina
  • Lele jantan gerakannya lebih lincah sedangkan betina lebih lambat
  • Lele jantan kepalanya lebih kecil dibandingkan dengan lele betina
  • Lele jantan kulitnya lebih halus sedangkan lele betina kulitnya agak kasar

Habitat Ikan Lele

Ikan lele hidup di air tawar. Meskipun ada juga lele laut tetapi lele laut tidak sama dengan ikan lele karena genus dan keluarganya berbeda. Ikan lele biasanya hidup di rawa-rawa, waduk, telaga, atau air yang alirannya pelan atau tidak deras. Bahkan lele bisa hidup di comberan atau air selokan.
Lele merupakan binatang nockturnal artinya lele aktif pada saat malam hari sedangkan siang harinya lele bersembunyi di tempat gelap.


Sumber:

Wikipedia
Suhestri Suryaningsih, Biologi Ikan Lele, (Purwokerto: Kementerian Pendidikan Nasional Universitas Jenderal Sudirman, 2014) (pdf)
1001budidaya.com
Semuaikan.com
afiesh.blogspot.com



Kunjungi:

Posting Komentar untuk "Ikan Lele"